Rabu, 25 Januari 2012

Ajal

2012.
Tahun baru.
Belum lama, saya menulis di blog.
Tentang, apakah yang akan diukir pada tahun ini?

Dan, ternyata, cukup mengejutkan.
Awal yang tidak cukup baik, bila dikaitkan dengan kebersamaan.
Banyak jiwa yang berpulang, kembali pada Hyang Pencipta.
Tentu saja, dilepas dengan airmata. Kepedihan.

Lalu.
Saya.
Diagnosis cukup mengagetkan dari seorang yang diberi talenta lebih oleh Dia.
Dokter.

Ada penyakit yang jatuh cinta kepada kamu, kata dokter tua itu tertawa.
Seakan itu hanya lelucon.
Bahkan dia tidak mempedulikan wajah saya yang pastinya berubah pias.
Sepertinya sakit dan kematian memang hal yang lumrah baginya.

Saya mengumpat dalam hati.
Kau pikir, kata-katamu lucu?
Kau pikir, berapa banyak airmata yang akan dikeluarkan keluarga saya jika saya pergi?
Sialan!

Tapi saya lalu tersadar.
Bukankah siapapun, akan berpulang?

Kamu pasti bisa sembuh, ujarnya kemudian.
Terdengar seperti janji manis seorang pria pada kekasihnya, demi sebuah kepercayaan.

Saya tersenyum.
Walau penyakit saya masih bisa disembuhkan, tapi bukan tidak mungkin akan menjadi penghantar saya menuju kehidupan kekal.
Karena, apapun dapat terjadi.

Oh.
Saya menulis ini bukan untuk sebuah belas kasihan.
Bukan juga untuk mendapatkan perhatian.
Tapi, saya jadi mengerti kenapa dokter itu tertawa saat memberitahu bahwa saya diberi "anugerah" sebuah penyakit.

Karena,
Itulah kehidupan.

Saya tidak ingin takut pada kematian.
Walaupun, tentu saya ingin hidup lebih lama.
Tapi, saya tidak ingin menjadikan ini alasan untuk bersedih.
Ini juga bukan alasan bagi saya untuk meratapi nasib.

Kematian, adalah pasti.
Hanya caranya yang berbeda.
Dan tentu saja, waktunya.

Lima tahun lagi, atau bahkan sepuluh tahun lagi
Saya masih tetap ingin bisa membaca tulisan ini.
Dan mengatakan...
Lihat? Saya sembuh

Tapi jika ternyata, saya kembali ke rumahNya
Apa yang akan saya katakan?
Tentu saja tidak ada.
Itulah saatnya, saya mengembalikan raga. PadaNya.

Mengerti.
Saya mengerti.
Apa itu ajal.


_beyTobing_
ditulis sambil memakan donat coklat.

1 komentar:

  1. Akhh...kamu kan keker masa iya itungannya cm sampe 10thn? 20 tahun lg juga msh sangat mungkin koq, btw Bagi dong donatnya =)) нάнάнά!!! =D нάнάнά!!! =)) нάнάнά!!! (Ekaputrie Siregar)

    BalasHapus